Skip to main content
                                   

Stalaktit Tersembunyi Gua di Gumbasalu

Informasi yang saya dapatkan ada beberapa gua di daerah ini, tetapi karena kurangnya penjelasan  yang kami peroleh mengenai  posisi tepat gua berada, akhirnya kami hanya dapat menemukan satu gua  saja di Gumbasalu.

Stalaktit indah dari Gua di Gumbasalu,  tepatnya berada  di Kecamatan Bambaira, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat. 

Untuk memasuki lokasi Gua di Gumbasalu dari arah Jalan Trans, ada sebuah papan petunjuk arah yang menjadi informasi pertama menuju lokasi gua di gumbasalu.

Tetapi hal tersulit adalah menemukan letak gua yang berada di antara taman cokelat warga dan tidak ada lagi informasi yang kami dapatkan jadi kami harus bertanya kepada beberapa warga setempat.


loading...
 
loading...
 
stalaktit-tersembunyi-nan-memukau-gua-di-gumbasalu
Stalaktit Indah Gua Gumbasalu


Sesuai dengan arah dan instruksi dari salah satu penduduk setempat yang tahu persis lokasi gua, kami juga  melalui mencari  jejak antara semak belukar yang tumbuh lebat di dalam hutan. 

Saya sarankan untuk memiliki kompas, hanya berhati-hatilah. Jika nanti tersesat di hutan dan kebun Cokelat milik warga setempat ! karena daerah ini cukup luas dan jarang dikunjungi oleh wisatawan, membuat gua di gumbasalu tidak memiliki cukup akses yang akan dilewati, dan lokasi  mulut  gua yang tertutup semak akan sangat menyulitkan menemukan letak lokasi Gua.


Setelah beberapa jam mencari posisi gua di  gumbasalu, akhirnya kita dapat menemukan pintu masuk  gua.

Karena  gua di Gumbasalu  jarang dikunjungi , maka gua terlihat sangat terisolir dan  menyeramkan, jadi  muncul sedikit ketegangan menyelimuti pikiran  ketika akan memasuki pintu gua.
stalaktit-tersembunyi-nan-memukau-gua-di-gumbasalu


Karena rasa ingin tahu dan penasaran dengan penampakan  dalam gua saya pun menyegerakan untuk masuk lebih awal, dan diikuti rekan yang lain, hal pertama yang akan dijumpai ketika masuk di dalam gua  ratusan kelelawar penghuni gua yang berhamburan terbang, dan bergantungan di atap gua. 

Di sepanjang lorong lorong sempit  gua gumbasalu terasa oksigen semakin menipis, itu akan menambah  ketegangan, tetapi dalam akhir penyusuran kami, terbayar dengan pemandangan indah stalaktit gua  gumbasalu nan mempesona. proses terbentuknya stalaktit dan stalagmit yang berlangsung ratusan tahun yang sangat alami.

Bicara tentang gua di Gumbasalu, menjadi cerita dan pengalaman tersendiri  untuk saya, karena banyak hal dan cerita rintangan yang kami temukan sepanjang perjalanan kami, Mulai dari menyemangati yang lain yang sudah mulai putus, sampai menguji nyali di lorong gua yang gelap dan sempit.

Comments

  1. Tabe kanda, ini gua gumbasalu tepatnya terltak dimana? keterangan desa, kecamatan, dan kabupatennya?

    ReplyDelete
  2. Kasaloang, Bambaira Mamuju Utara, Sulbar

    ReplyDelete

Post a Comment