Skip to main content
                                                     

Wisata Goa Tengkorak Di Kampung Penggoli Pamona Timur

Rasa penasaran mengenai cerita  goa tengkorak  di kampung Penggoli. berada tepatnya di Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

Goa tengkorak  di Kampung Penggoli  merupakan salah satu wisata goa tengkorak dikabupaten Poso, selain tempat wisata goa tengkorak Pamona dan wisata goa tengkorak Latea  cagar budaya Sulawesi Tengah,  Di Indonesia kita juga dapat menemukan beberapa tempat wisata goa tengkorak seperti goa tengkorak batu kajang,  goa tengkorak kolaka utara, goa tengkorak toraja, goa tengkorak kaltim.

wisata-goa-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur
Peti Kayu berisikan Tengkorak Manusia di Gua Kampung Penggoli Pamona Timur, Kab Poso

Mengulik sebuah sejarah menjadi daya tarik perjalananku kali ini di kawasan Pamona timur Kabupaten Poso, merupakan salah satu kabupaten andalan tujuan wisata Sulawesi Tengah, pesona budayanya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wisata goa tengkorak manusia.

loading...
 

Zaman dahulu suku Pamona mempunyai adat untuk menguburkan orang  meninggal kedalam goa loh wanderlust, sehingga ditemukan beberapa goa tengkorak peninggalan suku Pamona  berisikan tengkorak manusia, kebudayaan ini masih terus berlangsung sekitar awal abad ke-17 sebelum Belanda masuk ke wilayah dataran tinggi Sulawesi Tengah.

wisata-goa-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur
Goa  Berisi Tengkorak Di Kampung Penggoli

Memungkinkan untuk ditemukan goa tengkorak sejenis di lokasi  berbeda di kawasan Pamona, dan ini adalah cerita pertama mengenai Goa Tengkorak  di Kampung Penggoli yang pernah ada wanderlust.

Pastinya goa tengkorak ini  belum ada nama jadi  nya hanya mecantol berdasarkan kampung diman letak goa tengkorak  ini berada yaitu Kampung Penggoli, syukur  jika cerita ini dapat membuat goa tengkorak ini terkenal dan dapat menjadi tujuan wisata baru di Pamona Utara..

wisata-goa-tengkorak-di-kampung-penggoli-pamona-timur



Tulang dan Tengkorak Manusia. Masih Utuh didalam Peti
Kesulitan menemukan lokasi tempat wisata goa tengkorak di kampung penggoli menjadi kendala, karena komunitas aslinya di sini juga jarang tahu persis lokasi tempat wisata goa tengkorak, sehingga akan sangat sulit ditemukan.

Informasi tentang keberadaan tempat wisata goa tengkorak,  saya peroleh  dari percakapan   salah satu kerabat, bernama Azis Salamba, yang kebetulan bermukim dekat dengan lokasi tempat wisata goa tengkorak di kampung Penggoli,  berbekal informasi tersebut kami pun  menggali informasi lebih dalam  mengenai letak pasti tempat wisata goa tengkorak tersebut. azis  bersedia untuk mengantar dan juga  jadi pemandu jalan  hari ini.


Melewati jalan antara perkebunan kelapa sawit, dan pohon coklat milik warga setempat, menuju ke lokasi tempat wisata goa tengkorak ini terbilang rumit, namun ini menjadi petualangan baru dan menantang, tidak jarang sesekali kami harus bertanya  arah ke lokasi wisata goa tengkorak.

Setelah tiba di lokasi wisata goa tengkorak tengkorak, ada bukit curam dan batu besar di antara pohon-pohon rica milik penduduk , kebetulan sedang membuka lahan perkebunan tepat di samping wisata goa tengkorak.

Jalan  sedikit curam, membutuhkan tenaga ekstra untuk melangkahkan kaki diantara Hela nafas yang ter engah-engah,  memasuki lokasi  wisata goa tengkorak tengkorak tampak terlihat peti jenazah yang terbuat dari kayu tampak tua dan lapuk dimakan usia berjejer. 

Saya pun tiba di pintu wisata goa tengkorak terlihat sebuah peti dengan tumpukan tengkorak. Ada sesuatu rasa lain ketika sedang mengabadikan momen diantara peti jenazah penuh tumpukan tengkorak di kampung Penggoli.

Sentuhan tangan mengusap kebagian kaki, hal ini saya anggap merupakan salah satu interaksi  biasa sering terjadi ditempat-tempat tua seperti ini , artinya  kami telah diterima, untuk bertandang di wisata goa tengkorak Tengkorak Kampung Penggoli.

Menyambut kehadiran kami,  interaksi antara dunia astral telah terjadi, dan membuat ku semakin penasaran untuk melihat kedalam  goa tengkorak, namun kondisi pintu masuk kawasan wisata goa tengkorak yang begitu sempit sehingga  hanya dapat melihat dari depan mulut goa tengkorak diantara cela cela goa yang kemungkinan didalam ada terdapat lebih banyak lagi peninggalan Arkeologis. 

Senang rasanya  dengan petualangan kali ini walaupun harus sedikit kecewa karena tidak dapat masuk kedalam goa  karena kondisi goa tengkorak  sangat tidak memungkinkan untuk dapat dimasuki, namun ini akan menjadi cerita dan pengalaman menarik khusunya untuk traveler menemukan sensasi baru berpetualang bersama goa di kampung Penggoli yang berbatasan langsung antara Desa Pancasila dan Desa Tiwaa.